Berbagi Tips, Financial, Informasi, Teknologi, Kepribadian dan Fakta - Dengan Menulis Maka Saya Ada

Jumat, 29 Desember 2017

4 Cara Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang Membuat Tidak Produktif

El Heze
Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kita semua pasti mengharapkan hasil yang terbaik dari pekerjaan kita. Salah satu hasil yang baik dapat dilihat dari seberapa besar kita mampu bekerja dengan produktif. Kalau anda tidak mampu bekerja dengan produktif, maka hasil yang anda dapatkan juga tidak akan berjalan sesuai harapan anda. 

Nah, dalam menjalankan aktivitas pekerjaan, terdapat 4 kebiasaan buruk yang sering sekali dan bahkan tanpa sadar seseorang lakukan yang membuat pekerjaan menjadi tidak produktif. Berikut 4 kebiasaan buruk yang membuat seseorang menjadi tidak produktif dan cara menghilangkannya:

1. Mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus 

Kegiatan ini mungkin sering sekali anda lakukan dan bahkan tidak anda sadari secara langsung. Tahukah anda, mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus membuat anda menjadi tidak bisa konsentrasi, fokus dan menjadi mudah lupa. 

Saat anda harus konsentrasi pada satu pekerjaan, namun anda justru melakukan 2-3 pekerjaan lainnya sekaligus dalam satu waktu, maka hal ini bisa membuat hasil pekerjaan menjadi tidak efektif dan mengurangi produktivitas anda. Hasil pekerjaan yang baik dapat tercapai apabila anda benar2 menuntaskan satu pekerjaan anda dengan serius. 

Solusi: Anda mungkin memiliki serangkaian pekerjaan dalam waktu dekat. Namun, anda harus memiliki manajamen waktu yang baik. Dalam satu waktu, anda disarankan untuk mengerjakan hanya satu pekerjaan saja. Setelah pekerjaan anda tuntas, anda baru bisa beralih pada pekerjaan yang lain. 

Mengerjakan satu pekerjaan sampai tuntas membuat anda lebih mampu fokus terhadap pekerjaan tersebut. Hal ini pada akhirnya bisa membuat hasil pekerjan anda menjadi lebih bagus. 


2. Melewatkan sarapan pagi 

Bagi anda yang sering melewatkan sarapan pagi, mulai saat ini usahakan agar anda bisa memulai pagi hari dengan sarapan. Jika anda tidak sarapan hal ini bis mengurangi asupan gizi dalam tubuh. Kurangnya asupan gizi dapat membuat pekerjaan anda menjadi tidak produktif.

Sarapan pagi bisa membuat anda lebih fokus dan konsentrasi dalam melaksanakan tugas2 anda. Apalagi jika tugas yang anda kerjakan adalah pekerjaan yang berat, misalnya yang berhubungan dengan kegiatan fisik. Atau jika anda sedang mengerjakan tes yang membutuhkan konsentrasi tinggi, maka sangat disarankan untuk sarapan terlebih dahulu. 

Bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk sarapan, anda bisa mencoba konsumsi menu sarapan sehat yang bisa dikonsumsi secara instan (penyajiannya mudah dan cepat). Contohnya adalah susu coklat, buah-buahan dan quacker oatmeal. 

3. Menyetujui semua janji dan pertemuan 

Menyetujui semua pertemuan membuat anda menjadi tidak produktif. Apalagi jika pertemuan tersebut berlangsung dalam waktu yang hampir bersamaan. Mungkinkah bgi anda untuk menepati semua janji tersebut secara on time? Maka dari itu, solusinya, anda harus bisa membuat janji prioritas. Apa artinya?

Janji prioritas berarti adalah janji atau pertemuan yang anda anggap paling penting dan prioritas. Itulah yang harus anda utamakan. Jangan sungkan untuk menolak janji yang kurang penting. Hal ini berguna supaya anda tetap bisa produktif untuk menghadiri dan mengikuti semua rangakaian acara pada pertemuan prioritas anda. 

4. Suka tergesa-gesa

Suka tergesa-gesa biasanya spontan dilakukan seseorang. Sifat tergesa-gesa seringkali juga terjadi di pagi hari sebelum berangkat kerja. Tahukah anda, jika anda tergesa-gesa, hal ini akan membuat anda mudah sekali kehilangan fokus dan menjadi ceroboh. 

Orang yang mudah tergesa-gesa akan cenderung mudah lupa dan meninggalkan barang2 berharga. Misalnya, lupa membawa handphone, lupa mengunci pintu rumah, lupa dengan agenda-agenda penting. Kebiasaan buruk ini bisa membuat seseorang menjadi sangat tidak produktif dalam bekerja.  

Cobalah untuk tenang dan berikan waktu pada diri sendiri untuk berpikir lebih baik. Tergesa-gesa biasanya diakibatkan juga oleh waktu yang mepet. Maka, agar anda tidak mudah tergesa-gesa, solusinya cobalah untuk bangun lebih pagi dan mengatur aktivitas2 anda dengan lebih ter-struktur. 

Itulah 4 kebiasaan buruk yang sering dilakukan seseorang. Sekarang anda harus bisa menghilangkan kebisaan2 buruk ini agar pekerjaan anda bisa menjadi lebih produktif. 

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar di web Bung Heze. Saya sangat terbuka dengan setiap komentar teman-teman